Yuk Simak, 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis di Tahun 2020

Sudah pernah mencoba fitur baru WhatsApp yang rilis di tahun 2020? Simak lengkapnya di sini.

fitur baru whatsapp

Yuk Simak, 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis di Tahun 2020. (Foto: Shutterstock.com)

fitur baru whatsapp
Yuk Simak, 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis di Tahun 2020. (Foto: Shutterstock.com)

Sudah pernah mencoba fitur baru WhatsApp yang rilis di tahun 2020? Simak lengkapnya di sini.

Sudah update fitur baru WhatsApp, belum? Aplikasi ini mungkin sering kamu gunakan setiap hari. Namun apakah kamu tahu, kalau di tahun 2020 ini WhatsApp merilis sejumlah fitur baru yang mempermudah pengguna dalam berkomunikasi dan membuatmu menjadi lebih nyaman?


Kalau kamu belum pernah coba dan mungkin tidak mengetahuinya, coba cek langsung yuk, apa aja sih fitur terbaru dari WhatsApp yang rilis di tahun 2020.

Fitur dark mode

Fitur ini dirancang untuk membuat mata pengguna menjadi lebih nyaman saat harus menatap layar ponsel dalam waktu lama. Kamu dapat mengubah tampilan layar yang berwarna putih menjadi hitam.


Fitur ini bisa kamu nikmati dengan cara melakukan update aplikasi atau bagi mereka yang menggunakan Android 10 dan iOS 13.


Bagi pengguna Android 9 kamu harus melakukan penyetelan terlebih dahulu dengan cara masuk ke dalam WhatsApp, kemudian klik Chat,  Tema dan pilih “Gelap”. 

Panggilan telepon hingga 8 peserta

Sebelumnya panggilan telepon di WhatsApp hanya terbatas. Namun, di bulan April 2020, WhatsApp menambahkan kapasitas peserta untuk panggilan telepon suara dan video hingga delapan orang.


Kamu hanya perlu mengupdate aplikasi dan menikmati fitur baru ini. supaya teleponan makin seru dan koneksi stabil. Kamu bisa membeli kuota switch & match dan membeli Extra Data WhatsApp untuk plan tambahan. Sehingga durasi telepon bareng teman menjadi lebih panjang dan bebas hambatan.

fitur baru whatsapp
Yuk Simak, 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis di Tahun 2020. (Foto: Shutterstock.com)



Storage Management

Terlalu sering chattingan dengan rekan sejawat, kerjaan hingga urusan pribadi membuat kamu kerap tidak sadar bahwa hal tersebut memakan memori HP cukup banyak. Apalagi jika kamu sering bertukar pesan melalui media yang menambah memori makin padat dan membuat HP menjadi lemot.


Baru-baru ini WhatsApp merilis fitur terbaru mereka yaitu storage management. Tujuannya, supaya kamu bisa meninjau berapa banyak item yang tidak penting dan harus dihapus. 

Caranya sangat mudah, cukup masuk ke dalam aplikasi WhatsApp, tekan Settings (untuk pengguna Android pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas terlebih dulu), pilih Data and Storage dan klik Manage Storage.


Kamu bisa melihat isi dari memori internal. Seberapa besar ruang yang dihabiskan oleh data dari WhatsApp dan mana saja item yang patut dihapus. 

Pesan sementara 

Pada 5 November 2020, WhatsApp merilis fitur pesan sementara. Fitur ini memungkinkan pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah 7 hari. Kamu dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara, sehingga privasi setiap pengguna menjadi lebih terjaga.


Akan tetapi, dalam chat grup, hanya admin yang memegang kendali untuk menyalakan dan mematikan fitur pesan sementara tersebut.

Menghubungi akun bisnis

WhatsApp telah mendukung lebih dari 50 juta bisnis kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Fitur ini memudahkan pengguna memulai chat dengan akun bisnis di WhatsApp dan melihat produk dan layanan apa saja yang ditawarkan.


Penjual dapat memulai chat dengan akun bisnis menggunakan kode QR yang dipasangkan langsung ke bisnis milikmu. 

Kamu juga bisa langsung berbagi katalog untuk menemukan penawaran dari bisnis yang dijajakan. Selain itu, WhatsApp juga membuka kemungkinan untuk membagikan katalog dan item satuan di situs web, Facebook, Instagram dan platform lainnya.