Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Charger HP Cepat Rusak

Gak mau charger HP cepat rusak padahal baru beli? Coba hindari beberapa hal yang menjadi penyebab utamanya.


penyebab charger hp cepat rusak

Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Charger HP Cepat Rusak. (Foto: Shutterstock.com)

penyebab charger hp cepat rusak
Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Charger HP Cepat Rusak. (Foto: Shutterstock.com)

Gak mau charger HP cepat rusak padahal baru beli? Coba hindari beberapa hal yang menjadi penyebab utamanya.

Baru beli tapi sudah gak bisa dipakai, sebenarnya apa sih penyebab charger HP cepat rusak? Sebenarnya banyak kebiasaan kecil yang sering kamu lakukan dan tanpa sadar hal tersebut bisa membuat charger HP barumu langsung rusak. Kamu sebaiknya menghindari beberapa hal berikut ini yang menjadi penyebab charger HP cepat rusak.

Hindari ini agar charger HP tidak mudah rusak



Sering menekuk ujung kabel

Kamu pasti sering menekuk kabel charger HP secara sembarangan, bahkan mematahkan tekukannya begitu saja. Padahal kebiasaan ini salah besar. Kamu bisa merusak ujung kabel, terutama yang dekat dengan kepala colokan. Di dalam kabel terdapat tembaga kecil dan tipis yang sangat mudah putus. Jika tembaga tersebut rusak, maka aliran listrik menjadi terputus dan tidak dapat digunakan kembali. Sebaiknya kamu tidak menekuk kabel, tetapi menggulungnya dengan rapi.

Menyimpan charger HP secara asal

Saat terburu-buru, kamu kerap kali langsung memasukan charger HP begitu saja ke dalam tas yang sudah terisi sangat penuh. Padahal kebiasaan ini bisa merusak charger HP. Kabel yang tipis dan ditekuk secara asal serta tertindih oleh banyak barang bisa membuat tembaga di dalamnya putus. Jika sudah seperti ini kamu harus membeli lagi karena charger tidak dapat diperbaiki kembali.

Tidak mencabut usai mengecas

Usai mengecas HP kamu kadang malas melepas charger dari stop kontak, karena berpikir akan digunakan kembali nantinya. Sebaiknya ubah kebiasaan buruk ini, ya! Selama charger masih terpasang di stop kontak, maka aliran listrik terus terhubung dan mengalirkan daya. Artinya, charger bisa menjadi rusak jika didiamkan secara terus menerus. Selain itu, kebiasaan ini bisa membuat harga listrik rumah melambung tinggi, karena stop kontak terus menyala dan mengalirkan tegangan listrik.

penyebab charger hp cepat rusak
Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Charger HP Cepat Rusak. (Foto: Shutterstock.com)



Menggunakan charger untuk semua perangkat

Supaya tidak repot kamu sering membawa satu charger untuk semua perangkat, karena kepala colokan bisa digunakan ke berbagai gadget, mulai dari HP, laptop, tablet hingga power bank. Satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa setiap charger memiliki daya listrik yang berbeda-beda dan tidak sama dengan perangkat yang kamu gunakan. 

Jika laptop kamu memiliki tegangan 10 volt sedangkan charger 7 volt, maka hal ini memaksa charger HP untuk bekerja maksimal dengan daya minimal. Kondisi tersebut akhirnya bisa membuat charger HP rusak dalam waktu singkat.

Mencabut kabel dengan kasar

Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan adalah mencabut kabel secara kasar. Di sisi lain aliran listrik masih berjalan, namun kamu mencabutnya dengan kasar dan secara paksa. Hal ini bisa menyebabkan korsleting listrik hingga membuat charger yang kamu gunakan cepat rusak. 

Kini kamu sudah mengetahui penyebab charger HP cepat rusak, jadi hindari kebiasaan buruk tersebut supaya tidak boros untuk membelinya lagi, ya!