Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Lakukan hal ini saat mencari pekerjaan untuk fresh graduate supaya cepat mendapatkan panggilan.

pekerjaan untuk fresh graduate

Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate. (Foto: Shutterstock.com)

pekerjaan untuk fresh graduate
Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate. (Foto: Shutterstock.com)

Lakukan hal ini saat mencari pekerjaan untuk fresh graduate supaya cepat mendapatkan panggilan.

Mencari pekerjaan di tengah pandemi tidaklah mudah. Terutama bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Salah satu jalan yang bisa dan mungkin kamu lakukan adalah melamar melalui platform digital. Namun, kamu harus menyediakan kuota dan pastikan jaringan terkoneksi lancar supaya tidak menghambatmu saat mencari pekerjaan.

Kamu bisa mencoba menggunakan jaringan switch. Selain jaringan yang sudah full 4G, kamu  juga dapat bebas buat paket internet di Switch & Match sesuai kebutuhan. Jadi, bisa lebih efisien, deh. Kalau kamu merasa kesulitan mencari kerja, coba lakukan beberapa tips berikut ini supaya bisa cepat mendapatkan pekerjaan untuk para fresh graduate.

Buat CV semenarik mungkin

CV merupakan surat lamaran yang menjadi penilaian pertama bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi kamu membuat CV secara tepat dan menarik. Sertakan semua pengalaman kerja ataupun organisasi yang pernah kamu lakukan. Jangan terlalu bertele-tele dalam menjabarkannya, karena akan membuat perusahaan menarik minatnya padamu. Tulis secara singkat, padat dan jelas apa saja kemampuanmu, tanpa berlebihan.

Tahu apa minatmu

Sebelum melamar, kamu harus tahu apa sebenarnya pekerjaan yang diinginkan. Terkadang jurusan kuliah yang kamu jalankan bertolak belakang dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, jangan sampai hal ini berlangsung terus menerus hingga pekerjaanmu. Bekerjalah di tempat dan posisi yang memang sesuai kemampuan dan keinginanmu. Cara ini akan lebih efektif membuatmu cepat beradaptasi dan maju secara cepat dalam karier.

pekerjaan untuk fresh graduate
Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate. (Foto: Shutterstock.com)



Kelola media sosial

Banyak perusahaan saat ini yang mencari tahu siapa kamu melalui media sosial. Meskipun kamu bukan tipe orang yang aktif di media sosial, mereka akan melihat bagaimana cara bertutur dan sikapmu di sana. Sehingga penting, untuk kamu mengelola media sosial dengan bijak, karena bisa memengaruhimu dalam hal karier.

Perluas jaringan

Jangan anggap sepele soal networking, ya. Banyak para pelamar kerja sulit mendapatkan pekerjaan karena ruang lingkupnya yang kecil. Sebaliknya, mereka yang memiliki pergaulan luas dan sangat terbuka lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Jadi, nggak ada salahnya untuk berteman dengan banyak orang supaya memudahkan kamu mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari temanmu.

Jangan takut mencoba

Banyak orang yang takut menerima tawaran kerja karena merasa tidak sesuai seperti yang diinginkan. Padahal belum tentu hal tersebut tidak cocok denganmu, lho. Kamu harus mencobanya terlebih dahulu untuk tahu seberapa besar kemampuanmu dalam bidang tersebut. Setidaknya kamu harus berani mencoba dan menambah portofolio.

Yuk, ikuti tip di atas dan saatnya kamu melamar kerja.