Tip Mencari Penghasilan Tambahan dari Kerja Freelance Online

Kerja freelance online efektif memberikan penghasilan tambahan di saat genting.

Tip Mencari Penghasilan Tambahan dari Kerja Freelance Online. (Foto: Shutterstock.com)

kerja freelance online
Tip Mencari Penghasilan Tambahan dari Kerja Freelance Online. (Foto: Shutterstock.com)

Kerja freelance online efektif memberikan penghasilan tambahan di saat genting.

Selama masa pandemi ini kamu harus lebih pintar mencari peluang kerja. Masalahnya, kondisi ekonomis yang sedang tidak stabil, membuat banyak perusahaan gulung tikar dan tidak membuka lowongan sementara waktu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai giat mencari kerja freelance untuk tambahan. Coba ikuti beberapa tip berikut ini saat mencari kerja freelance secara online.

Ketahui apa keinginanmu

Sebelum memilih freelance kamu harus tahu apa yang diinginkan. Jangan sampai pekerjaan sampingan ini justru menjadi beban untukmu bahkan mengganggu pekerjaan utama. Selain itu, pastikan kamu selalu buat kuota sesuai pekerjaan kamu supaya internet tetap stabil pada saat melakukan pekerjaan secara online. Jangan terlalu gegabah saat memilih pekerjaan freelance karena bisa merugikan di masa mendatang.

Punya skala prioritas

Kamu harus pintar dalam memilih waktu kerja. Hindari kebiasaan untuk menumpuk pekerjaan, karena bisa memberikan hasil tidak maksimal dan justru membuatmu kehilangan semua pekerjaan sekaligus. Sebaiknya kamu memiliki manajemen waktu yang tepat dan tahu mana yang harus menjadi prioritas utama.

Tip Mencari Penghasilan Tambahan dari Kerja Freelance Online. (Foto: Shutterstock.com)



Mencari tahu detail pekerjaan

Sebelum menentukan pekerjaan freelance, nggak ada salahnya untuk banyak bertanya atau mencari detail mengenai perusahaan tersebut. Cara ini penting kamu lakukan untuk mengetahui seberapa besar tuntutan yang akan kamu hadapi nanti. Terlebih jika kamu memiliki kenalan yang bekerja di tempat tersebut, sehingga bisa mengetahui lebih spesifik lagi.

Perhitungan penghasilan

Setelah mendapatkan jenis freelance yang sesuai keinginanmu, selanjutnya mulailah melakukan alokasi penghasilan. Jangan sampai sebelum atau sesudah menjalankan freelance, namun tidak memiliki dampak besar terhadap finansialmu.


Oleh karena itu, penting buat kamu untuk melakukan perhitungan secara detail. Kamu bisa membaginya menjadi dua. Misalnya kebutuhan bulanan menggunakan uang freelance sedangkan tabungan dari gaji pokok pekerjaan utama.

Tip di atas sangat membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja freelance online. Selamat mencoba.