Tip Memilih Hewan Kurban Secara Online Supaya Tidak Tertipu

Supaya tetap aman dan tidak tidak tertipu, lakukan beberapa tips ini saat membeli hewan kurban secara online.

memilih hewan kurban

Tip Memilih Hewan Kurban Secara Online Supaya Tidak Tertipu. (Foto: Shutterstock.com)

memilih hewan kurban
Tip Memilih Hewan Kurban Secara Online Supaya Tidak Tertipu. (Foto: Shutterstock.com)

Supaya tetap aman dan tidak tertipu, lakukan beberapa tips ini saat memilih hewan kurban secara online.

Selama pandemi, ada baiknya kamu mengurangi aktivitas di luar rumah. Salah satunya dalam hal memilih hewan kurban. Kamu bisa melakukannya dan membelinya secara online. Jangan lupa untuk selalu siapkan kuota switch, supaya tetap terhubung dan bisa nyaman melakukan transaksi. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli atau memilih hewan kurban secara online seperti berikut.

Cermat memilih situs

Membeli hewan kurban secara online tidak boleh asal. Kamu harus mencari situs yang terpercaya. Jangan hanya terlena dengan tawaran harga murah, tetapi perhatikan pula kredibilitas dari situs tersebut. Kamu dapat melihat review dari situs tersebut sebelum akhirnya membeli.

Meminta foto asli

Saat ingin membeli, jangan sungkan untuk meminta foto aslinya, ya. Kamu harus melihat apakah hewan tersebut benar-benar layak untuk dijadikan kurban. Kemudian, tanyakan usia dari hewan tersebut, jenis hingga riwayat kesehatan. Hal ini sangat penting kamu lakukan, supaya bisa sesuai dengan syariat Islam.

memilih hewan kurban
Tip Memilih Hewan Kurban Secara Online Supaya Tidak Tertipu. (Foto: Shutterstock.com)


Ketahui lokasi penyaluran

Sebelum membeli, kamu harus tahu lokasi penyaluran hewan kurban tersebut. Pastikan lokasinya tertera jelas pada situs atau website tersebut. Hal ini penting, supaya kamu bisa tahu, kemana hewan kurban tersebut akan disalurkan dan tujuan ibadah kamu tercapai. Sehingga penerima dari hewan kurban benar-benar orang yang membutuhkan dan bisa berbagi manfaat dan kebaikan tercapai. 

Lembaga memiliki prosedur jelas

Kamu wajib curiga jika lembaga atau website tersebut tidak memiliki prosedur secara jelas. Sebuah lembaga yang berpengalaman pasti memiliki prosedur serta sistem yang jelas. Prosedur pembelian kurban online terpercaya akan memberikan formulir pendaftaran yang nantinya dilengkapi dengan kwitansi sebagai bukti pembayaran secara sah. Selain itu, pembeli hewan kurban biasanya mengantongi laporan mengenai hewan yang dibelinya.

Rasional harga

Kamu harus tahu harga rasional rata-rata di pasaran. Banyak pedagang yang menjual mahal atau terlalu murah hewan kurban tersebut. Jika sudah seperti ini kamu wajib curiga. Umumnya harga kambing mulai dari Rp 1,54 juta dan harga sapi mulai dari Rp 11,6 juta. Selain itu, kamu bisa melihat bobot dari hewan tersebut. Kambing standar biasanya memiliki berat 23kg – 28 kg dan sapi standar 220 kg – 250 kg. Kambing medium 29 kg – 34 kg dan sapi medium 250kg – 300 kg. Sedangkan kambing premium >35 kg dan sapi premium >300 kg. 

Apabila kamu menemukan kecurigaan, sebaiknya laporkan situs tersebut ke pihak terkait.