Menjadi Pesaing TikTok, Simak Ulasan Fitur Youtube Shorts

Fitur Youtube Shorts menjadi saingan baru TikTok dengan video berdurasi hanya 15 detik saja. Simak lengkapnya.

Fitur Youtube Shorts

Menjadi Pesaing TikTok, Simak Ulasan Fitur Youtube Shorts. (Foto: Shutterstock.com)

Fitur Youtube Shorts
Menjadi Pesaing TikTok, Simak Ulasan Fitur Youtube Shorts. (Foto: Shutterstock.com)

Fitur Youtube Shorts menjadi saingan baru TikTok dengan video berdurasi hanya 15 detik saja. Simak lengkapnya.

YouTube telah mengumumkan layanan video pendeknya sendiri bernama fitur Youtube Shorts. Kamu bisa memanfaatkan smartphone dan hanya baru bisa menggunakan kamera antarmuka saja. Alat pengeditan di dalam fitur ini akan diluncurkan secara bertahap. 

Sebelum kamu menikmati fitur ini, ada baiknya pastikan kuota selalu on dengan plan influencer switch & match, supaya kamu bisa langsung merekam dan meng-upload video dengan lancar. 

Biar lebih jelas mengenai fitur Youtube Shorts, simak langsung di bawah ini, ya.

Apa itu YouTube Shorts?

YouTube Shorts adalah layanan video pendek yang memungkinkan pengguna membuat dan meng-upload video berdurasi 15 detik atau kurang di YouTube. Fitur ini bisa digunakan dengan kamera multi-segmen untuk merangkai beberapa klip video bersama-sama. Kamu bisa memilih atau merekam musik, mengontrol kecepatan dan timer.

Apakah YouTube Shorts tersedia untuk PC, notebook, dan tablet?

YouTube Shorts saat ini tersedia dalam versi beta awal untuk perangkat Android saja. Namun, dalam waktu dekat akan segera tersedia untuk perangkat iOS.


Oleh karena itu, fitur YouTube Shorts belum tersedia untuk PC, notebook, pengguna Apple iPhone dan iPad. Penting untuk dicatat, layanan ini mengutamakan seluler dan mungkin tidak akan tersedia untuk pengguna PC dan notebook.

Fitur Youtube Shorts
Menjadi Pesaing TikTok, Simak Ulasan Fitur Youtube Shorts. (Foto: Shutterstock.com)



YouTube Shorts akan muncul di mana?

YouTube baru-baru ini menambahkan baris baru di bagian beranda untuk video pendek, dan konten yang dibuat melalui YouTube Shorts akan muncul di sini. YouTube juga telah memperkenalkan pengalaman menonton baru yang memungkinkan kamu menggeser secara vertikal dari satu video ke video berikutnya serta menemukan video pendek serupa lainnya. Oleh karena itu, video YouTube Shorts akan dapat diakses di YouTube, bersama dengan konten lain yang tersedia di platform tersebut.

Bagaimana cara membuat video di YouTube Shorts?

Kamu bisa membuat video vertikal menggunakan aplikasi YouTube untuk Android. Kamu dapat mengecek apakah memiliki akses dan bisa mulai membuat YouTube Short atau tidak. Caranya, klik ikon “+” di aplikasi YouTube dan pilih ‘Video’.


Jika kamu melihat ‘Buat video pendek’, artinya kamu memiliki akses ke kamera Shorts. Kamu bisa menggunakan alat pengeditan untuk melakukan hal-hal seperti merangkai beberapa klip video, menggunakan kontrol kecepatan dan timer serta menambahkan musik ke klip video.

Bagaimana jika tidak memiliki akses ke kamera Shorts?

Jika belum memiliki akses ke kamera Shorts, kamu masih dapat meng-upload video vertikal berdurasi kurang dari 60 detik menggunakan hashtag #Shorts di judul atau deskripsi. YouTube akan menguji pada bagian beranda YouTube.



Mereka akan menyorot video yang dibuat dari kamera Shorts, serta video vertikal apapun hingga 60 detik yang telah diunggah ke YouTube. Sehingga, kamu dapat langsung mulai membuat YouTube Shorts meskipun belum mengaktifkan layanan pada perangkat.

Gimana, tertarik membuatnya? Apakah YouTube Shorts akan menjadi pesaing sengit TikTok?