Mengenal Komunitas Esports di Indonesia

Suka bermain game? Coba bergabung dengan komunitas esports Indonesia berikut ini, yuk.

komunitas esports indonesia

Mengenal Komunitas Esports di Indonesia. (Foto: Shutterstock.com)

komunitas esports indonesia
Mengenal Komunitas Esports di Indonesia. (Foto: Shutterstock.com)

Suka bermain game? Coba bergabung dengan komunitas esports Indonesia berikut ini, yuk.

Esports atau electronic sports, telah menjadi cabang olahraga baru yang tengah digandrungi kalangan anak muda zaman sekarang. Permainan video game yang dulunya hanya menjadi sarana pelepas penat, sekarang sudah berkembang menjadi mata pencaharian. Bahkan, banyak anak-anak muda yang sukses hanya dengan bermain video game saja. 

Tidak hanya itu, pemerintah bahkan hampir semua negara telah memasukkan esports ke dalam cabang olahraga baru dan pernah berpartisipasi di ajang ASIAN GAMES 2018 di Indonesia silam. Maka tidak heran jika banyak orang, baik pria maupun perempuan saling beradu dan mengasah kemampuannya dalam bermain video games untuk menjadi atlet maupun profesional dalam bidang tersebut.

Sayangnya untuk menjadi seorang profesional dalam bermain video game tidaklah mudah. Banyak lawan tangguh yang harus kamu hadapi. Oleh karena itu, saat ini banyak anak muda yang akhirnya mendirikan komunitas Esports di Indonesia untuk menjadi salah satu wadah para penggemar video game, berkumpul dan mengasah kemampuan bersama supaya bisa menjadi lebih baik dalam bermain. 

Dari sekian banyak komunitas esports di Indonesia, mungkin kamu bisa bergabung di beberapa komunitas berikut ini yang sudah cukup terkenal dan menoreh banyak prestasi.

IESPL (Indonesia Esports Premier League)

Giring Ganesha, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan? Musisi, yang kini terjun di dunia politik ini ternyata merupakan salah satu pendiri dari IESPL. Komunitas ini memiliki 12 tim profesional yang siap berlaga. Semua pemain profesional yang terlibat akan bermain di title game Dota 2, Mobile Legends, Counter Strike Global Offensive dan Point Blank. Mereka juga telah memenangkan berbagai turnamen esports dan salah satu yang terbesar adalah Piala Presiden Esports 2019.

komunitas esports indonesia
Mengenal Komunitas Esports di Indonesia. (Foto: Shutterstock.com)



IESPA (Indonesia E-sports Association)

IESPA resmi didirikan pada 1 April 2013 oleh Prana Adisapoetra dan beberapa koleganya, Eddy Lim, Erwin dan Richard Permana. Eddy Lim merupakan founder Ligagame, yaitu perusahaan yang pernah sukses menyelenggarakan World Cyber Games (WCG) di Indonesia sejak tahun 2000. Sedangkan Richard Permana adalah player aktif Counter Strike yang sudah menghasilkan banyak prestasi, baik secara nasional maupun internasional di tim yang dia didirikan, yaitu Team NXL sejak tahun 2007.

Seiring berjalannya waktu IESPA, atas bantuan FORMI, mengajukan diri bergabung dengan International Esports Federation (IESF) dan secara resmi diterima sebagai anggota tetap (full member). Sehingga Indonesia secara resmi bergabung dengan 46 negara anggota lainnya di IESF. Hingga saat ini IESPA telah memiliki prestasi pada turnamen bergengsi, salah satunya World Cyber Games atau Electronic Sports World Cup.

Menjadi anggota komunitas esports memang tidak mudah. Oleh karena itu, kamu dapat berlatih lebih giat terlebih dahulu di rumah dan banyak menggali ilmu melalui YouTube ataupun teman yang lebih profesional. 

Selain itu, supaya kamu bisa main game sesuka hati, coba pakai kuota internet switch & match supaya koneksi internet tetap stabil dan bisa bermain game hingga selesai. Kamu bisa mengatur sendiri besar kecilnya kuota sesuai kebutuhan, sehingga tidak mengganggu aktivitas bermainmu.


Yuk, cobain.