Cara Mudah Melacak Pencegahan Bencana Alam dengan Aplikasi BMKG

Sebelum terjadi bencana alam, ada baiknya kamu mencegahnya dengan download aplikasi BMKG dan beberapa cara berikut ini.

Cara Mudah Melacak Pencegahan Bencana Alam. (Foto: Shutterstock.com)

Cara Mudah Melacak Pencegahan Bencana Alam. (Foto: Shutterstock.com)

Sebelum terjadi bencana alam, ada baiknya kamu mencegahnya dengan download aplikasi BMKG dan beberapa cara berikut ini.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah tersebut sepertinya cocok menjelaskan bagaimana pentingnya mengetahui pencegahan bencana alam sebelum semuanya terlambat. Banyak orang yang telat menyadari pentingnya pencegahan dan baru belajar untuk memahami setelah peristiwa tersebut datang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan beberapa trik berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara pencegahan bencana alam.

Memiliki Aplikasi BMKG untuk pencegahan bencana 



Di era modern saat ini kamu sangat beruntung, karena tersedia aplikasi BMKG untuk pencegahan bencana alam. Kamu bisa mengakses semua informasi seputar kemungkinan bencana alam yang akan terjadi. Namun pastikan kamu telah memiliki kuota switch untuk memudahkanmu melacak kondisi cuaca saat ini.

Di dalam aplikasi tersebut kamu bahkan bisa mengetahui ramalan cuaca hingga risiko banjir, gempa hingga potensi tsunami. Jadi kamu dapat mengantisipasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum hal buruk terjadi. Sebaiknya jika sudah ada peringatan, kamu langsung mengambil tindakan cepat dan jangan berpikir terlalu lama.

Mengikuti sosial media

Bila kamu tidak memiliki aplikasi BMKG, sebaiknya follow akun-akun resmi miliknya. Kamu dapat mengikuti BMKG melalui Twitter, Facebook dan Instagram. Mereka sangat update dalam memberikan informasi terkini. Bahkan sosial media terkadang jauh lebih cepat daripada berita di televisi ataupun radio. Jadi lebih baik kamu memantau terus perkembangan alam di dalam sosial media supaya memudahkanmu mengetahui kondisi saat ini.

Cara Mudah Melacak Pencegahan Bencana Alam. (Foto: Shutterstock.com)



Mengetahui informasi seputar bencana alam

Jangan menunggu musibah datang. Kamu dapat mempelajari semua informasi seputar bencana alam sejak dini. Kamu bisa melihat apa yang harus dilakukan jika terjadi banjir, gempa, tsunami hingga kebakaran. 

Semua musibah tersebut memang tidak dapat dihindarkan, namun setidaknya kamu tidak gegabah dalam bertindak dan tahu bagaimana cara menyelamatkan diri ataupun tempat-tempat yang aman untuk berlindung. Jadi jangan malas mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya seputar bencana alam sebelum terlambat.

Kini kamu sudah mengetahui bagaimana cara melacak pencegahan bencana alam. Ini waktunya kamu untuk lebih waspada dan memperdalam informasi seputar bencana tersebut.