Cara Menghemat Baterai Handphone Saat Pakai Internet Switch

Tidak perlu takut handphone mati, lakukan cara menghemat baterai berikut ini, yuk!

cara menghemat baterai handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone Saat Pakai Internet Switch. (Foto: Pixabay.com)

cara menghemat baterai handphone
Cara Menghemat Baterai Handphone Saat Pakai Internet Switch. (Foto: Pixabay.com)

Tidak perlu takut handphone mati, lakukan cara menghemat baterai berikut ini supaya kamu tetap bebas internetan pakai switch. 

Lagi asyik streaming film pakai kuota switch, tiba-tiba baterai handphone mati? Belum lagi di tempat tersebut tidak ada stop kontak dan charger handphone ketinggalam di rumah. Pasti kamu langsung mati gaya, ya. Supaya jadwal nonton kamu tidak terganggu dan bisa bebas internetan, sebaiknya kamu lakukan beberapa cara menghemat baterai handphone berikut ini.

Cara menghemat baterai handphone



Jangan mengecas handphone dalam keadaan nyala

Kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan adalah mengecas handphone dalam kondisi menyala. Padahal sejak awal membeli, kamu selalu diberikan peringatan supaya mematikan atau tidak memainkannya dalam keadaan mengecas. Cara ini justru bisa merusak baterai dan membuatnya menjadi lebih boros. 

Kamu harus mematikan handphone ketika ingin mengecas. Kamu dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur. Baterai handphone yang masih baik, biasanya dapat terisi penuh hanya dalam waktu satu jam saja, sehingga kamu bisa menunggunya dan mencabutnya. 

Matikan sistem update otomatis

Kamu pasti sering bingung kenapa handphone mendadak mati, padahal tidak digunakan. Jika kamu mengaktifkan fitur update otomatis, maka sistem akan melakukan pembaruan aplikasi tanpa perlu meminta izin. Download yang dilakukan oleh sistem tidak hanya memakan kuota secara tiba-tiba, tetapi juga baterai handphone.

Supaya lebih aman, kamu dapat mematikan fitur tersebut dan mengubahnya ke update manual. Jadi, kamu tidak perlu takut aplikasi terus menyala dan melakukan download secara tiba-tiba. Sehingga, baterai dan kuota bisa lebih hemat.

Aktifkan sistem dark mode

Selain dari aplikasi penggunaan baterai handphone  juga bergantung pada tingkat keterangan cahaya. Semakin terang setting cahaya pada handphone, maka penggunaan baterai menjadi lebih boros. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengaktifkan sistem dark mode, supaya tingkat cahaya di handphone lebih normal, tidak merusak mata dan menghemat baterai.

cara menghemat baterai handphone
Cara Menghemat Baterai Handphone Saat Pakai Internet Switch. (Foto: Pixabay.com)



Gunakan power saving mode

Seusia dengan namanya, smartphone sekarang sudah sangat canggih dan memudahkan hidupmu. Jika kamu lupa menurunkan tingkat kecerahan layar handphone, mungkin kamu bisa mengaktifkan power saving mode. Fitur ini berguna mengatur kecerahan layar, koneksi mobile WiFi hingga lokasi yang kerap memakan daya baterai. Power saving mode sangat membantu kamu menghemat baterai secara otomatis, tanpa perlu mengaturnya satu per satu.



Hindari penggunaan live wallpaper

Kamu masih suka menggunakan latar yang bergerak atau live wallpaper? Jika iya, sebaiknya ubah sekarang juga ya. Masalahnya live wallpaper bisa membuat baterai handphone cepat habis. 

Jadi, sudah tahukan bagaimana cara menghemat baterai handphone supaya tetap bisa internetan pakai switch sepanjang hari? Yuk, coba praktikan.