Cara Mengatasi HP Saat Terkena Air

Tidak sengaja handphone terjatuh ke dalam air? Gak perlu panik, segera lakukan cara mengatasi HP saat terkena air berikut ini.

cara mengatasi hp kena air

Cara Mengatasi HP Saat Terkena Air. (Foto: Pixabay.com)  

cara mengatasi hp kena air
Cara Mengatasi HP Saat Terkena Air. (Foto: Pixabay.com)  

Tidak sengaja handphone terjatuh ke dalam air? Gak perlu panik, segera lakukan cara mengatasi HP saat terkena air berikut ini.

Kamu pasti pernah tidak sengaja ingin menaruh handphone tetapi malah terjatuh. Buruknya lagi, jika handphone tersebut ternyata tergeletak di atas genangan air yang cukup banyak. Akibatnya, handphone menjadi basah dan harus segera dikeringkan supaya tidak rusak. Namun, mengeringkan handphone yang basah tidak boleh sembarangan, ya! Masalahnya, bukannya menjadi kembali benar, justru rusak karena teledor. Oleh karena itu, coba gunakan beberapa cara mehatasi handphone yang terkena air seperti berikut.

Cara mudah mengatasi hp terkena air

Lepas hardware dan keringkan

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengeringkan handphone adalah dengan melepaskan hardware dan mengeringkannya. Kamu dapat melepaskan baterai, kartu SIM dan memori card dari handphone. Kemudian letakkan semuanya di atas tisu atau handuk. Diamkan selama satu hari penuh, supaya memastikan semua perangkat kembali kering.

Akan tetapi, jika kamu memiliki handphone dengan baterai tanam, sebaiknya lepaskan kartu sim dan memori card saja. Namun, waktu pengeringannya biasanya lebih lama. Sebaiknya, kamu segera pergi ke tempat service, supaya mereka melepas semua perkakas dan mengeringkannya dalam waktu cepat.

Amankan LCD 

Cara mengeringkan HP selanjutnya adalah dengan mengamankan LCD terlebih dahulu. Komponen ini paling penting daripada yang lain. Masalahnya jika LCD kamu terlanjur terkena air, maka biaya yang harus dikeluarkan lebih besar. Tidak hanya itu, mengeringkan LCD membutuhkan waktu lebih lama. Kamu harus mencegah air masuk ke dalamnya, karena akan timbul bercak hitam pada layar ketika menyala nanti.

Selain itu yang lebih bahaya adalah jika LCD kamu ternyata sudah pecah. Maka kemungkinan air masuk ke dalamnya menjadi lebih besar. Potensi handphone kembali berfungsi menjadi lebih sulit, karena proses reparasinya menjadi lama. Jadi pastikan LCD harus kamu keringkan secepat mungkin.

cara mengatasi hp kena air
Cara Mengatasi HP Saat Terkena Air. (Foto: Pixabay.com)  



Simpan handphone ke dalam beras

Ini merupakan cara tradisional yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu merendam handphone dan menyimpannya ke dalam beras. Beras mampu menyerap air dengan cepat dan sempurna. Supaya air bisa kering secara menyeluruh, kamu sebaiknya mendiamkannya selama dua sampai tiga hari. 

Hindari mengeringkan menggunakan hairdryer

Kesalahan paling umum dan sering dilakukan adalah mengeringkan handphone yang terkena air dengan hairdryer. Cara ini sangat salah. Masalahnya, suhu panas yang terdapat di dalam alat ini justru bisa merusak hardware di dalam handphone. Selain itu, banyak elemen besi kecil yang sangat mudah meleleh jika dipanaskan. Jadi, jangan pernah menggunakan alat ini, ya!

Kini kamu sudah tahu kan bagaimana caramengeringkan handphone saat terkena air dengan tepat?