Cara Melacak HP Hilang Meski Dalam Keadaan Mati 

Cara melacak HP hilang bisa kamu lakukan melalui internet meski dalam keadaan mati. Simak tip nya.


cara melacak hp hilang

Cara Melacak HP Hilang Meski Dalam Keadaan Mati. (Foto: Shutterstock.com)

cara melacak hp hilang
Cara Melacak HP Hilang Meski Dalam Keadaan Mati. (Foto: Shutterstock.com)

Cara melacak HP hilang bisa kamu lakukan melalui internet meski dalam keadaan mati. Simak tip nya.

Gimana cara melacak HP hilang, padahal baru keluar rumah tapi langsung mengalami musibah karena HP kena copet? Gak perlu panik, ya. Kamu harus bertindak cepat dan jangan terbawa emosi. HP kamu yang hilang bisa segera ditemukan meski si pencuri mematikan langsung ponselmu. Buat kamu yang belum tahu gimana cara melacak HP hilang, berikut tip yang bisa kamu coba lakukan.

Cara melacak HP hilang



Lacak melalui email

Bagi kamu pengguna Google melacak HP yang hilang sebenarnya cukup mudah, namun harus kamu lakukan secepat mungkin. Pertama pastikan kamu memiliki kuota internet agar tetap terkoneksi ketika melacak HP yang hilang. Supaya lebih aman, gunakan SIM card switch, karena jaringannya luas dan mudah melakukan pengisian kuota.

Selanjutnya, kamu dapat melacak HP mu dengan cara login melalui akun Gmail menggunakan Google Chrome. Pilihlah tampilan Gmail versi web supaya memudahkanmu mengaksesnya. Lihatlah tombol ikon dengan sembilan titik pada sisi kanan atas. Kemudian masuk ke akun Google hingga menemukan tulisan ‘Find Your Phone’ atau ‘temukan ponsel anda’. 

Kamu dapat memilih tipe atau merek HP yang hilang dan tekan tombol ‘temukan’. Secara otomatis kamu akan masuk ke dalam Google Maps. Kamu harus mengklik tombol refresh supaya posisi HP yang hilang dapat terupdate dan terdeteksi oleh Google Maps dengan jelas. Nantinya sistem akan mengarahkanmu menuju lokasi di mana HP kamu berada saat ini. 

Sebelum mencarinya, sebaiknya kamu mengunci HP tersebut terlebih dahulu. Caranya, pada kolom ‘Find Your Phone’ kamu dapat memilih opsi locate yang dapat mengalihkanmu ke fitur ‘Find My Device’. Fitur tersebut akan mengamankan HP kamu dan Google secara otomatis mengunci ponsel dari kejauhan.

cara melacak hp hilang
Cara Melacak HP Hilang Meski Dalam Keadaan Mati. (Foto: Shutterstock.com)



Gunakan Google Maps

Selain menggunakan Gmail, kamu juga bisa mendeteksinya menggunakan Google Maps, terutama pada saat HP mati. Buka aplikasi Google Maps, kemudian klik tombol garis tiga pada pojok kiri atas. Kemudian piluh opsi segitiga kecil di pojok kanan, llalu tekan pilihan ‘add account’. Masukkan alamat email HP kamu yang hilang dan klik next.

Selanjutnya kamu dapat memasukkan kata sandi dan klik setuju. Kembali tekan ikon tombol segitiga kecil di pojok kanan atas dan pilih ‘Your Timeline’, kemudian pelacak akan mulai mendeteksi HP yang hilang. Kamu juga bisa memilih ikon kalender untuk memastikan lokasi HP jika telah hilang selang beberapa hari.

Melacak berdasarkan tipe ponsel

Bagi pengguna Iphone kamu dapat melacaknya apabila telah mengaktifkan fitur ‘Find My Iphone’. Kamu dapat menggunakan perangkat Apple lain untuk mengakses ponselmu. Kemudian masuk ke dalam aplikasi ‘Find My Apps’. Masukan email iCloud HP yang hilang. Kamu juga bisa mengunjungi situs https://www.icloud.com/find. 

Sistem secara otomatis akan mendeteksi keberadaan ponselmu. Jika sudah berhasil menemukannya, maka kamu dapat mengaktifkan model hilang atau ‘lost mode’. Jika fitur tersebut aktif, maka HP yang hilang akan otomatis terkunci dan tidak bisa dibuka sama sekali. Namun, jika ada pesan, ataupun telepon bisa tetap masuk.

Bagi pengguna Android, kamu bisa melacak ponsel menggunakan https://www.android.com/find. Kamu juga bisa menggunakan cara pertama, dengan mendeteksi keberadaan HP melalui email Gmail.

Kini, kamu bisa melacak HP yang hilang dengan cara di atas, selamat mencoba.