Cara Investasi Reksadana Online yang Cocok untuk Pemula

Cara investasi reksadana online untuk para pemula supaya tidak mudah tertipu.

cara investasi reksadana

Cara Investasi Reksadana Online yang Cocok untuk Pemula. (Foto: Shutterstock.com)

cara investasi reksadana
Cara Investasi Reksadana Online yang Cocok untuk Pemula. (Foto: Shutterstock.com)

Cara investasi reksadana online untuk para pemula supaya tidak mudah tertipu.

Reksadana merupakan salah satu investasi yang memiliki tingkat risiko lebih kecil daripada saham. Bagi para pemula, investasi reksadana sangat tepat kamu jalankan jika masih ragu untuk memulai saham. Menurut Bursa Efek Indonesia, reksadana merupakan wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Saat ini reksadana online menjadi salah satu yang menarik perhatian, karena lebih praktis dan cepat. Dengan modal kuota internet yang selalu terkoneksi di ponsel mu, pembaran reksadana bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dan mengikuti panduan cara investasi reksadana berikut ini.

Cara aman investasi reksadana

Produk reksadana memiliki izin OJK

Sebelum memilih reksadana online, hal utama yang wajib kamu perhatikan adalah, perusahaan tersebut sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perizinan ini memiliki banyak syarat dan bersifat mutlak sehingga dapat dipercaya kebenarannya. Tidak hanya itu, manajer investasi yang mengelola reksadana tersebut juga harus memiliki izin. Jika kamu ditawarkan investasi bodong dengan imimg-iming keuntungan berlipat ganda sebaiknya jangan dulu percaya dan cek kredibelitasnya.


Menentukan jangka waktu investasi

Kamu harus menentukan berapa jangka waktu yang diinginkan. Apakah kurang dari setahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan lebih dari 5 tahun. Jangka waktu kurang dari setahun, sebaiknya pilihlah jenis reksadana pasar uang. Sedangkan investasi 1-3 tahun, kamu dapat memilih reksadana pendapatan tetap. Untuk jangka waktu 3-5 tahun, gunakanlah reksadana campuran dan investasi jangka panjang, yakni lebih dari 5 tahun, gunakanlah reksa dana saham.

cara investasi reksadana
Cara Investasi Reksadana Online yang Cocok untuk Pemula. (Foto: Shutterstock.com)


Pelajari prospektus dari reksadana

Sebelum memulai ada baiknya banyak bertanya, membaca atau belajar sendiri bagaimana memahami itu reksadana. Saat awal ingin berinvestasi kamu akan berkenalan dengan buku manual reksadana yang bernama prospektus. Segala macam informasi yang kamu butuhkan tentang reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, hingga tata cara pembelian dan penjualan reksadana. 

Pahami jenis reksadana

Ada beragam jenis reksadana berdasarkan alokasi investasinya, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Semuanya memiliki perbedaan dari segi waktu investasi, keunggulan hingga kekurangannya. Kamu harus lebih dulu memahaminya sebelum mulai berinvestasi.

Kini, kamu sudah mulai paham, kan? Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang.