5 Tip Hemat BBM Supaya Mesin Mobil Tetap Awet 

Jangan asal pilih bahan bakar, coba lakukan beberapa tip ini supaya hemat dan mesin tetap awet.


hemat bbm

5 Tip Hemat BBM Supaya Mesin Mobil Tetap Awet. (Foto: Shutterstock.com)

hemat bbm
5 Tip Hemat BBM Supaya Mesin Mobil Tetap Awet. (Foto: Shutterstock.com)

Jangan asal pilih bahan bakar, coba lakukan beberapa tip ini supaya hemat dan mesin tetap awet.

Harga minyak bumi yang terus meningkat membuat kamu harus lebih irit menggunakan bahan bakar minyak (BBM) supaya tetap hemat. Apalagi jika kamu merupakan pengemudi mobil yang selalu menggunakannya setiap hari. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan beberapa tip hemat bahan bakar supaya mesin kendaraan tetap awet dan tidak boros, seperti berikut ini.

Cara mudah hemat BBM

Isi BBM saat masih setengah

Jangan tunggu habis. Kamu sebaiknya mengisi kembali bahan bakar ketika masih setengah penuh. Masalahnya jika kamu mengisinya pada saat tangki dalam keadaan cukup penuh, maka udara di dalamnya semakin banyak yang kosong. Akibatnya, BBM lebih mudah menguap secara cepat. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beragam promo yang ada supaya pengisian BBM menjadi lebih hemat. Salah satunya kamu bisa menggunakan voucher isi bensin Shell di aplikasi switch. Kumpulkan ruby dan tukarkan dengan voucher tersebut supaya kamu bisa lebih hemat saat pengisian bahan bakar.

Perhatikan kecepatan berkendara

Salah satu hal yang tidak kalah penting saat ingin irit bahan bakar adalah kecepatan berkendara. Saat berkendara sebisa mungkin pertahankan kecepatan di putaran ekonomis, yakni 2.000 – 2.5000 rpm. Bagi pemilik kendaraan dengan bahan bakar solar, pertahankan kecepatan di 1.000 – 1.5000 rpm. Jika mobil kamu memiliki fitur ECO Driving pastikan lampu indikator yang berwarna hijau selalu menyala.

hemat bbm
5 Tip Hemat BBM Supaya Mesin Mobil Tetap Awet. (Foto: Shutterstock.com)


Tekanan Angin Ban

Selain kecepatan, ternyata tekanan angin ban juga menentukan irit tidaknya bahan bakar. Masalahnya, jika tekanan angin pada ban berkurang, maka tahanan gulir membesar. Akibatnya bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu, kamu juga harus rutin melakukan servis setiap 3 bulan sekali. Servis kendaraan sangat membantu saluran bahan bakar dan komponen lainnya terjaga dengan baik, sehingga BBM menjadi lebih irit.

Perhatikan akselerasi

Saat mobil dalam keadaan kencang, kamu sebaiknya jangan langsung memperlambatnya secara mendadak, karena bisa membuat pembakaran yang terjadi lebih banyak dan boros. Kamu dapat memperlambat mobil secara perlahan. Sebaliknya, jika ingin meningkatkan kecepatan, jangan langsung menginjak pedal gas secara cepat, tetapi lakukanlah secara bertahap dan perlahan.

Gunakan AC seperlunya

Terakhir kamu sebaiknya menggunakan AC seperlunya saja. Jika berada di daerah pegunungan, tidak ada salahnya untuk mematikan AC dan membuka jendela, supaya mesin lebih enteng dan tidak berat saat menanjak. Selain itu, ketika AC dalam keadaan menyala maka tenaga mesin akan diambil oleh AC hingga 5 PK yang digunakan untuk menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. 

Selain itu, pada saat pertama kali naik mobil, sebisa mungkin jangan pernah langsung menyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Tujuannya, supaya tidak pengap dan sirkulasi udara yang masuk di mobil baik untuk tubuhmu.

Kini sudah tahu, kan bagaimana cara menghemat bahan bakar supaya mesin mobil tetap awet? Yuk, langsung coba tip di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *